Total Tayangan Halaman

Selasa, 06 Maret 2012

Solusi Umat 2

10. Perubahan air oleh debu
(متغيربمخالط طاهرمستغنى عنه تغيرا يمنع الإسم غير مطهر) سواء أكان قلتين أم لا في غير الماء المستعمل بقرينة ما يأتى... (لاتراب) وملح ماء وإن طرحا فيه تسهيلا على العباد لأن المتغير بالتراب لكونه كدورة وبالملح المائى لكونه منعقدا من الماء لايمنع إطلاق اسم الماء عليه (لاتراب) اى الاإن كان هذا المخالط المستغنى عنه ما ذكر اى تراب
( بجيرمى على المنهاج ج : 1 ص : 20)
Keterangan :
Perubahan air yang diakibatkan oleh debu atau garam (terbuat dari air), sama sekali tidak berpengaruh terhadap kemutlakan air (suci mensucikan), meskipun debu dan garam tersebut sengaja dimasukkan .

11. Perubahan air sebab bangkai ikan
(فرع استطرادى) وقع السؤال عن بئرتغير ماؤه ولم يعلم لتغيره سبب ثم فتش فيها فوجد فيها سمكة ميتة وأحيل التغير عليها فهل الماء طاهر او متنجس والجواب أن الظاهر بل المتعين الطهارة لأن ميتة السمك طاهرة والمتغير بالطاهر لا يتنجس ثم إن لم ينفصل منها أجزاء تخالط الماء وتغيرت فهو طهور لإن تغيره مجاور والا فغيرطهور إن كثر التغير بحيث يمنع إطلاق اسم الماء عليه.
(حاشية الجمل ج : 5 ص : 269)
Keterangan :
bangkai ikan yang terendam dalam air, meskipun mengakibatkan perubahan secara menyeluruh, namun hal itu tidak mampu mengurangi nilai kemutlakan air. Alasannya karena bangkai ikan tersebut hukumnya suci, namun bila ada bagian dari bangkai ikan yang terpisah dan tercampur serta berdampak terhadap perubahan air, maka air tersebut hukumnya suci tapi tidak bisa mensucikan.

12. Keruh yang hilang oleh tawas / kaporit
ماقولكم رضى الله تعالى عنكم ولازلتم ذخرا لنا وللمسلمين فى الماء التى تكدر بالكدورات وتغير ريحه ثم عولج بما يسمونه " تواس وكافوريت".. الى أن قال... هل يصح الوضوء بالماء المذكور بعد تصفيته وزوال ريحه بما ذكر ويجوز شربه اولا... فالجواب والله الموفق للصواب ان تغير الماء بالكدورات ونحوها من الأشياء الطاهرة لا تسلبه طهوريته وان تغير ريحه فيبقى طاهرا مطهرا على الأصل وإذا عولج بما ذكر فى السؤال من الأدوية لتصفيته كان ذلك نوع ترفه لأجل التنظيف لا لأجل التطهير بشرط أن تكون تلك الأدوية غير نجسة وحينئذ فيصح الوضوء وسائر أنواع الطهارة بالماء المذكور قبل المعالجة وبعدها.
(قرة العين بفتاوى إسماعيل ص : 38)
Keterangan :
Sebenarnya perubahan air (menjadi keruh) yang disebabkan sesuatu yang suci, itu tidak dapat mempengaruhi kesucian air, dan ketika air tersebut dicampur dengan tawas / kaporit (untuk penetralan air) itupun tidak bisa berpengaruh sama sekali, karena hal tersebut hanya bersifat tandzîf (membersihkan), bukan tathîr (mensucikan). Maka sah berwudlu menggunakan air tersebut, baik sesudah atau sebelum dicampuri dengan tawas / kaporit.

13. Mencuci baju yang terkena darah nyamuk
(فرع) قرر م ر أنه لو غسل ثوبا فيه دم براغيث لأجل تنظيفه من الأوساخ ولو نجسة لم يضر بقاء الدم فيه ويعفى عن إصابة هذا الماء له فليتأمل سم على منهج : أما إن قصد غسل دم البراغيث فلا بد من إزالة أثر الدم ما لم يعسر فيعفى عن اللون على ما مر .
(بجيرمى على منهج ج : 2 ص : 108)
Keterangan :
Baju yang terkena darah nyamuk setelah dicuci, walaupun masih tersisa bekas darah dari baju tersebut akan tetap dihukumi ma’fu (ditolerir), selama proses pencuciannya bertujuan untuk tandzîf (membersihkan kotoran). Beda halnya bila pencucian yang dilakukan dengan tujuan membasuh ‘ain dari pada darah nyamuk, maka bekas darah tersebut harus hilang, kecuali kalau memang sulit dihilangkan dan yang tersisa hanya berupa warnanya.

14. Memasak daging dengan air kencing
(فرع) لو ابتل حب بماء نجس أو بول صار رطبا وغسل بماء طاهر حال الرطوبة طهر ظاهرا وباطنا وكذا اللحم إذا طبخ بهما وغسل يطهر ظاهرا وباطنا زى.

(بجيرمى على المنهج ج : 1 ص : 100 )
Keterangan :
Bila mempunyai biji basah sebab terkena air najis atau air kencing, maka pencuciannya cukup dengan membasuh biji yang terkena najis. Demikian juga pada daging yang dimasak dengan menggunakan najis atau air kencing.

15. Bagaimana cara mencuci mulut yang najis ?
ويشترط فى طهر المحل ورود الماء القليل على المحل المتنجس فإن ورد متنجس على ماء قليل لأكثير تنجس وإن لم يتغير فلا يطهر غيره وفارق الوارد غيره بقوته لكونه عاملا فلو تنجس فمه كفى أخذ الماء بيده اليه وإن لم يعلها كما قال شيخنا (قوله وإن لم يعلها عليه) اى يكفى وصول الماء إلى فمه وإن لم يجعل يده مرتفعة على فمه بحيث ينـزل الماء منحدرا فيه. (إعانة الطالبين ج : 1 ص : 95)
Keterangan :
Anda mestinya sudah tahu bahwa cara mensucikan tempat yang terkena najis dengan air yang sedikit itu harus adanya air yang mengalir pada tempat yang najis, namun bagaimana dengan mulut yang terkena najis? Untuk membersihkan mulut tersebut cukup dengan memasukan air kedalam mulut walaupun dari bawah keatas, karena yang terpentinga adalah air sebagai ‘amil (subjek).

16. Menelan ludah yang mutanajjis
(مسألة) لابن قاسم احتمال فى جواز بلع ريقه قبل تطهير فمه المتنجس
(إثمد العينين فى البغية ص : 12)
Keterangan :
Menurut Imam Ibnu Qôsim, diperbolehkan menelan ludah yang mutanajjis (tercampur najis) sebelum mensucikan mulut.

17. Mithes tumo (membunuh kutu)
( مسئلة ك) قرص قملة بين أصبعين وتلطختا بالدم ثم غمسهما فى نحو مائع فالأ حوط عدم العفو والأ سهل الذى اميل اليه وأفتى به م ر العفو حيث لم يتعمد الغمس مع ملاحظة تنجسهما لقلته و للحاجة اليه.
( بغية المسترشدين ص : 13)
Keterangan :
Menurut Imam Romli, darah kutu yang ditimbulkan dengan membunuhnya (mithes), semisal diujung dua jemari, kemudian dicelupkan ke dalam cairan (minyak atau air) itu hukumnya dima’fu, kalau memang tidak ada kesengajaan dalam mencelupkannya. Tapi dalam versi lain (yang lebih hati-hati), hukumnya tidak dima’fu secara mutlak (hukumnya najis).

18. Perbedaan asap yang najis
(مسألة ب) الفرق بين دخان النجاسة وبخارها أن الأول انفصل بواسطة نار والثانى لابواسطتها فاله الشيخ زكريا وفال أبو محرمة هما مترادفان فما انفصل بواسطة نار تنجس وما لا فلا أما نفس الشعلة اى لسان النار فطاهرة قطعا حتى لو اقتبس منها فى شمعة لم يحكم بنجاستها.
(بغية المسترشدين ص : 13)
Keterangan :
Meskipun dukhôn dan bukhôr itu memiliki persamaan dalam segi bahasa yang berarti asap, namun dalam hukumnya berbeda. Dukhôn al najâsah adalah asap yang ditimbulkan melalui perantara api dan hukumnya najis, sedangkan bukhôr al najâsah itu adalah asap yang ditimbulkan tanpa melalui perantara api dan hukumnya suci, sementara jilatan api dari pembakaran najis (lisân al nâr) itu hukumnya suci.

19. Air kencing yang telah kering
(إن لم تكن عين) بأن كانت حكمية وهي ما لا يدرك لها عين ولاوصف سواء أكان عدم الا دراك لخفاء أثرها بالجفاف كبول جف فذهبت عينه ولا أثرله ولاريح فذهب وصفه ام لا لكون المحل صقيلا لاتثبت عليه النجاسة كالمرأة والسيف
( نهاية المحتاج ج : 1 ص : 258-257)
Keterangan :
Najis hukmiyah adalah najis yang tidak tampak dzat, warna, rasa dan baunya, baik disebabkan keringnya suatu benda, seperti halnya air kencing yang telah kering dan telah hilang sifatnya (warna, rasa dan bau), atau disebabkan oleh mengkilapnya tempat najis, seperti keramik atau kaca yang menyebabkan tidak tampak bekasnya najis. Untuk mensucikan najis semacam ini cukup dibasuh sekali sampai merata.

20. Sisa darah pada daging dan tulang
وأما الدم الباقى على اللحم وعظامه فقيل أنه طاهر وهو قضية كلام المصنف في المجموع وجرى عليه السبكى ويدل له من السنة قول عائشة رضى الله عنها " كنا نطبخ البرمة على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم تعلوها للصفرة من الدم فنأكل " وظاهر كلام الحليمى وجماعة أنه نجس معفو عنه وهذا هو الظاهر لأنه دم مسفوح وان لم يسل لقلته ولاينافيه ما تقدم من السنة.
( مغنى المحتاج ج : 1 ص : 112 )
Keterangan :
Hukum darah yang tersisa dalam daging dan tulang saat dimasak ada dua pendapat. Pertama suci karena kejadiaan tersebut pernah terjadi pada zaman Rasulullah SAW ketika Dewi ’Aisyah memasak daging dalam panik, lalu muncullah warna kuning-kuning dari darah, namun pada waktu itu Baginda Rasul tidak mencegah, malah Beliau memakannya. Kedua ma’fu ‘anhu (dimaafkan) dengan pertimbangan karena darah tersebut merupakan jenis darah yang mengalir, hanya saja tidak mengalir karena sedikit. Dari dua pendapat ada titik persamaan, yakni sama-sama menghukumi boleh dimakan.

21. Menghilangkan najis pakai sabun
ولو زالت النجاسة بالاستعانة بالصبون وبقي ريح الصبون طهر قاله الطبلاوى وقال م ر لا تطهر حتى تصفو الغسالة
(هامش بغية المسترشدين ص : 12)
Keterangan :
‘Ain al najâsah (dzat najis) yang hilang karena perantara sabun, sementara bau sabun masih ada. Dalam hal ini ada dua qaul : Pertama suci menurut imam Thoblawi. Kedua najis dalam pandangan imam Romli, sehingga bekas basuhannya menjadi jernih.

22. Buang air besar yang lama
"فائدة" من الأداب أن لا يطيل القعود على الخلاء لأنه يحدث منه الباسور وهو مكروه كما قاله فى الروضة.
(عميرة ج : 1 ص : 43 )
Keterangan :
Makruh hukumnya duduk lama-lama di WC saat qôdil hâjat (berak), karena bisa menyebabkan keluarnya bâsûr (bol / ambeyen).
23. Wudlu dan mandinya orang bertato pada anggota wudlu atau tubuhnya.
سؤال . ماقولكم فيمن غرز فى أعضاء وضوء ه او فى سائر بدنه بالإبرة مثلا ووضع محله نحو حبر للتلوين والتصوير فإذا التحم بعد ذلك فهل يصح وضوؤه وكذلك غسله اولا ؟ الجواب : نعم يصح وضوؤه وغسله مع كونه إثما بذلك الفعل يجب عليه التوبة وإزالته ان لم يؤد الى ضرر لأنه نوع من الوشم ففعله غير جائز ولكن الوضوء والغسل معه صحيحان للضرورة لأنه داخل الجلد ملتحم عليه فلا يمنع صحة الوضوء والغسل لكونه داخل البشرة والصلاة معه صحيحة للضرورة.
(قرة العين بفتاوى إسماعيل ص : 49)
Keterangan :
Tato yang berada pada anggota wudlu atau pada yang lainnya, meskipun bisa mencegah masuknya air ke pori-pori, proses wudlu dan mandinya tetap dihukumi sah karena tato berada di dalam kulit, namun dia tetap berdosa karena perbuatan tersebut dilarang agama (karena taghyîr al khalqi), sehingga wajib baginya untuk segera bertobat juga menghilangkannya selama tidak menimbulkan madlarat (bahaya) pada dirinya .

24. Air mani yang terkena najis
( مسألة ) المنى طاهر من الأدمى اتفاقا وكذا غيره من بقية الحيوانات غير الكلب والخنـزير على المعتمد لكن ان لم يكن صاحبه مستنجيا بماء فهو متنجس ومن ثم حرم الجماع على المستنجى بالحجر منهما وان فقد الماء واحتاج الى الوقاع كما فى النهاية والمغنى وقيده فى التحفة بوجود الماء وهذا كما لو تنجس ذكره بمذي ما لم يعلم ان الماء يفتر شهوته فيجوز حينئذ
(بغية المسترشدين ص : 14 )
Keterangan :
Hukum sperma yang keluar dari selain anjing dan babi suci. Tapi, hukum bisa berubah mutanajis jika bersucinya tidak menggunakan air, seperti batu dan lainnya. Atau sperma yang keluar bersamaan dengan najis, seperti madzi, wadi. Dalam kondisi demikian, hukumnya haram bersetubuh .

25. Tidak wajib membasuh telur
لا يجب غسل البيضة والولد اذا خرجا من الفرج وظاهر أن محله اذالم يكن معهما رطوبة نجسة اهـ روض وشرحه .
(بجيرمى على المنهج ج : 1 ص : 28)
Keterangan :
Telur dan anak hewan yang keluar dari induknya dengan tidak disertai benda cair yang najis, hukumnya suci dan tidak wajib di sucikan lagi.

26. Bayi yang keluar sebagian kemudian masuk lagi
ولو القت بعض الولد وجب عليها الوضوء دون الغسل وكذا لوخرج بعضه ثم رجع فيجب الوضوء دون الغسل.
( الباجورى ج : 1 ص : 74)
Keterangan :
Bagi wanita yang melahirkan sebagian anggota tubuh bayi, atau melahirkan sebagian bayi yang kemudian masuk kembali, maka baginya hanya wajib wudlu saja (tidak wajib mandi).

27. Tusukan duri ke dalam anggota tubuh
(فرع) لو دخلت شوكة فى رجله وظهر بعضها وجب قلعها وغسل محله لأنه صار فى حكم الظاهر فإن استترت كلها صارت فى حكم الباطن فيصح وضوؤه
(فتح المعين ج : 1 ص : 6 1)
Keterangan :
Kaki (atau anggota lain) yang tertusuk duri, jika memang duri tersebut masih nampak, maka wajib mencabutnya serta wajib membasuh tempat duri tersebut ketika bersuci (wudlu /mandi), karena tempat tersebut dianggap dhâhir. Namun kalau sudah tertutup kulit, maka tidak wajib mencabutnya.

28. Kotoran di bawah kuku
أما الوسخ الذى يجتمع تحت الأظفار فإن لم يمنع وصول الماء صح معه الوضوء وإن منع فلا فى الأصح ولنا وجه وجيه بالعفو اختاره الغزالى والجوينى والقفال بل هو أظهر من حيث القواعد من القول بعدمه عندى إذ المشقة تجلب التيسير فيجوز تقليده بشرطه ولو بعد الصلاة اه وفى ب نحوه فى وسخ الأظفار وزاد وفصل بعضهم بين أن يكون من وسخ البدن الذى لايخلو عنه غالب الناس فيصح معه الوضوء للمشقة وأن يطرأ من نحو عجين فلا وهذا الذى أميل اليه
(بغية المسترشدين ص : 22 )
Keterangan :
Menurut qaul Ashah, kotoran yang berada di bawah kuku, apabila bisa menghalangi sampainya air ketika wudlu maka tidak sah wudlunya. Namun menurut Imam Ghozâli, Juwaini dan Qoffal, kotoran ini dima’fu.
Sebagian ulama mentafsil : Jika termasuk kotoran yang biasa ada pada umumnya manusia, maka dima’fu, karena untuk menghindarinya dianggap berat oleh masyarakat. Apabila tidak demikian, seperti kotoran dari semisal tepung bahan roti, maka tidak dima’fu, karena tidak dianggap berat oleh masyarakat dalam menghilangkannya.

29. Apakah wajib membasuh lubang penis?
(سئل) عن المكان المنفرج عن مخرج البول المعتاد هل إذا غسله حال استنجائه برأس الأنملة المسبحة يفسد صومه وهل حكمه حكم الباطن فلا يجب غسله وهل إذا صب على ذكره ماء من غير لمس يد يكفيه أم لا (فأجاب) بأنه لايفسد صومه به وحكمه حكم الباطن فلا يجب غسله ويكفيه صب الماء المذكور. اهـ
(هامش فتاوى الكبرى ج : 1 ص : 36-37)
وكذا وصول بعض الأنملة الى المسربة كذا أطلقه القاضى وقيده السبكي بما إذا وصل شيئ منها الى المحل المجوف منها بخلاف أولها المنطبق فإنه لا يسمى جوفا وألحق به أول الإحليل الذى يظهر عند تحريكه بل أولى (قوله بل أولى ) اي بل أول الإحليل أولى من أول المسربة في عدم الفطر بوصول شيئ اليه .اهـ
(إعانة الطالبين ج : 2 ص : 229 )
Keterangan :
Dalam konteks bersuci, lubang penis bagian depan (yang terbuka dengan digerakkan jari-jari telunjuk) tidak wajib dibasuh, karena bagian tersebut dihukumi bâthin, sehingga cukup dibasuh dengan tanpa menggerakkan jari-jari. Namun dalam konteks puasa, bagian tersebut dihukumi dzâhir, artinya puasa tidak batal dengan adanya sesuatu yang memasukinya.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar